Papua Ingatkan Warga Waspada Bencana Longsor dan Banjir, BPBD Mimika : Kita Aman, Tidak Terdampak

by -
Banjir melanda wilayah keerom

Timika, fajarpapua.com – Curah hujan yang tinggi di sejumlah daerah di Papua membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua mengingatkan warga untuk siaga akan kondisi bencana longsor dan banjir pada Februari 2020.

Namun terkait peringatan itu, Kepala BPBD Kabupaten Mimika, Yosias Lossu mengatakan, untuk saat ini Mimika masih aman.

“Saya sudah koordinasi dengan BMKG, cuaca kita aman. Mimika tidak terdampak,” ungkap Yosias yang dikonfirmasi Fajar Papua, Senin (8/2). Namun demikian dia berharap warga tetap waspada karena bisa saja cuaca berubah ekstrim.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi, Senin mengatakan, peringatan bahaya bencana bulan Februari 2021 ini sudah diingatkan pemerintah kepada warganya sejak akhir 2020 lalu.

“Bahkan Penjabat Sekda Provinsi Papua juga sudah menyurati masing-masing kepada bupati dan wali kota untuk menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan ancaman bencana ini,” katanya.

Menurut Welliam, setiap BPBD kabupaten/kota diharapkan dapat mengingatkan warganya untuk mempersiapkan diri dan siaga menghadapi kemungkinan terjadinya bencana baik itu longsor, banjir, angin puting beliung hingga gelombang pasang.

“Jika BPBD belum ada atau belum dibentuk, maka pemerintah daerah setempat yang harus bertanggungjawab melakukan persiapan menghadapi bencana,” ujarnya.

Dia menjelaskan bencana longsor dan banjir ini berpotensi terjadi di seluruh kabupaten serta kota di Provinsi Papua sehingga tindakan siaga harus dilakukan sejak dini.