5 Senjata Api Rakitan Diamankan di Merauke, Tiga Perakit Dibekuk

by -
ilustrasi
ilustrasi

Merauke, fajarpapua.com – Jajaran Kepolisian Resor Merauke mengamankan tiga pelaku yang diduga terlibat pembuatan senjata api rakitan.

Dari ketiga pelaku, polisi mengamankan lima pucuk senpi rakitan termasuk teleskop, peredam dan teleskop serta 38 butir amunisi kaliber 5,56 mm.

Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji kepada wartawan Senin (2/3) mengatakan, ada dua kali penangkapan termasuk dua orang yang ditangkap Senin dini hari (1/3) beserta dua pucuk senpi.

Dikatakan, terungkapnya kepemilikan senjata api setelah anggota melakukan penyelidikan yang intensif.

“Para tersangka bisa membuat senpi rakitan yang berkualitas baik laras panjang maupun pendek, mereka punya alat untuk itu,” ujarnya.

Kapolres mengatakan, senpi yang dihasilkan cukup berkualitas bahkan memiliki peredam suara sehingga dipastikan itu bukan untuk berburu, seperti keterangan para pembuat yang kini diamankan di Mapolres Merauke.

BACA JUGA:  Wanita Penipu Puluhan Ton Beras Akhirnya Dijebloskan ke Tahanan Polres Merauke

“Mereka juga mampu membuat senjata angin atau senjata berburu menjadi senjata mematikan seperti yang dimiliki TNI-Polri,” kata Untung seraya mengaku anggota masih mendalami lagi temuan tersebut.

Pemeriksaan terhadap ketiganya masih dilakukan oleh penyidik dan anggota di lapangan juga masih terus menyelidiki kemungkinan ada tersangka lain.

 
Ketika ditanya identitas ketiganya serta lokasi penangkapan, AKBP Untung enggan mengungkapkannya seraya menyatakan itu demi kepentingan penyelidikan.

Diantara ketiganya memang ada yang baru datang ke Merauke.

“Kami juga belum bisa memastikan mereka ini dari kelompok mana dan apakah tujuannya membuat senpi rakitan dengan kualitas prima, karena semua masih didalami, ” aku AKBP Sangaji.(ant/ana)