BERITA UTAMAPAPUA

BPBD Jayawijaya Ingatkan Warga Waspadai Bencana Akhir Tahun

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

BPBD Jayawijaya Ingatkan Warga Waspadai Bencana Akhir Tahun

Share this article
Kepala BPBD Jayawijaya Amsal Wamo
Kepala BPBD Jayawijaya Amsal Wamo

Wamena, fajarpapua.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua mengingatkan warga mewaspadai bencana alam yang terjadi pada musim hujan di penghujung tahun 2021.

Kepala BPD Jayawijaya Amsal Wamo di Wamena, Kamis, mengatakan jelang akhir tahun akan terjadi intensitas hujan rendah, sedang hingga lebat sehingga perlu diwaspadai sebab berpotensi terjadi longsor, terutama di daerah permukiman di bawa lereng bukit dan pinggiran sungai.

ads

“Kita ingin masyarakat yang berdomisili di pinggiran Kali Baliem dan gunung untuk lebih mewaspadai adanya bencana sebab dalam musim penghujan ini tidak menutup kemungkinan terjadi banjir dan longsor,” katanya.

BPBD terus membangun koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika terkait prakiraan cuaca di Jayawijaya untuk bisa disampaikan kepada masyarakat.

“Untuk pencegahan ancaman bahaya hidrometeorologi yang akan berdampak pada dua bulan terakhir secara Nasional, kami akan membuat langkah peringatan dini untuk kesiap siagaan,” katanya.

Untuk mengantisipasi tanah longsor dan banjir yang berdampak kepada masyarakat, BPBD menyarankan masyarakat tidak membuka lahan pertanian di kawasan rawan bencana.

“Contoh untuk warga yang tinggal di bantaran Kali Baliem jangan dulu membuka lahan di pinggirkan kali sebab apabila banjir datang maka tanaman itu akan mati dan gagal panen,” katanya.

Pemerintah mengharapkan masyarakat melaporkan jika terjadi bencana agar bisa segera ditangani.

“Agar ada langkah yang bisa dilakukan oleh pemerintah melalui BPBD,” katanya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *