BERITA UTAMAMIMIKA

LMA Tsingwarop Apresiasi Pemerintah atas Pelantikan Ketua FPHS Jadi Komisaris PT Papua Divestasi Mandiri

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

LMA Tsingwarop Apresiasi Pemerintah atas Pelantikan Ketua FPHS Jadi Komisaris PT Papua Divestasi Mandiri

Share this article
IMG 20230330 WA0072
Pengurus Berfoto bersama di depan Sekretariat LMA Kamis (30/3).Foto : Reyno

Timika, fajarpapua.com – Lembaga Masyarakat Adat (LMA) tiga kampung Tsinga Waabanti dan Aroanop (Tsingwarop) mengapresiasi Pemerintah Provinsi Papua yang sudah melantik ketua Forum Pemilik Hak Sulung (FPHS) Tsingwarop Yafet Manga Beanal dan Wakil Ketua FPHS Yohan Songgonao sebagai Komisaris dan Direktur di PT Papua Divestasi Mandiri.

ads

Sekretaris LMA Filemon Beanal kepada fajarpaoua.com di Kantor Sekretariat LMA Tsingarop, Kamis (30/3) kemarin mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Mimika serta pihak lainnya yang telah bekerja sama sehingga para pengurus FPHS mendapatkan jabatan di Perusda tersebut.

Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada masyarakat hak ulayat dan juga sebagai pengakuan negara terhadap Suku Amungme yang berada ditiga kampung sebagai pemilik gunung emas.

“Kami berharap kedepan pengelolaan dan pemanfaatan Perusda tersebut bisa dirasakan lebih oleh masyarakat Amungme Kamoro,”katanya.

Ucapan yang sama disampaikan Tokoh Perempuan Amungme Bertha Beanal terkait dengan pelantikan Yafet Beanal dan Yohan Songgonao tersebut.

Sbagai kaum perempuan yang tinggal di tiga kampung dirinya merasa bangga dan bersyukur karena dilibatkann ya putra Tsingarop dalam pengelolaan Perusda tersebut.

“Kami Suku Amungme bangga karena diakui sebagai pemilik hak ulayat. Saya berharap kedepan bisa berjalan dengan baik untuk kepentingan masyarakat Amungme Kamoro,” tuturnya.

Sedangkan Tokoh Masyarakat Kampung Tsinga, Menase Magal menyampaikan rasa syukur karena Pemerintah telah memberikan kepercayaan penuh untuk mengelola saham pada PT Papua Divestasi Mandiri.

“Saya bangga dan bersyukur kepada Tuhan. Karena saya percaya anak-anak kami akan membangun tempat kita menjadi baik,”ujarnya.

Sementara Kepala Biro Lema Tsiwarop Arnol Beanal mengucapkan selamat atas pelantikan Komisaris Yafet Beanal bersama direktur Yohan Songonao.

“Selamat atas dilantiknya senior kami, perjuangan FPHS tidak sia-sia dan membuahkan hasil untuk masyarakat pemilik hak ulayat,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *