BERITA UTAMAMIMIKA

Deteksi Virus Flu Burung, Karantina Hewan Timika Periksa 16 Sampel Darah Ayam

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
13
×

Deteksi Virus Flu Burung, Karantina Hewan Timika Periksa 16 Sampel Darah Ayam

Share this article
IMG 20230909 WA0001
pengujian terhadap 16 sampel serum darah ayam

Timika, fajarpapua.com – Untuk memastikan bahwa ayam yang dilalulintaskan dari Timika sehat dan bebas dari penyakit Avian Influenza (AI), Laboratorium Karantina Hewan melakukan pengujian terhadap 16 sampel serum darah ayam dengan metode Haemagglutination Assay/Inhibiton (HA/HI).

Pengujian ini dilakukan terhadap unggas ayam yang berasal dari peternakan di Mimika yang akan dikirim ke Wamena dan Jayapura.

ads

Untuk diketahui penyakit Avian Influenza (AI) merupakan penyakit infeksius pada unggas yang disebabkan oleh virus Influenza tipe A dan termasuk dalam keluarga Orthomyxoviridae yang bersifat menular dan dapat berakibat mematikan.

Penanggung Jawab Laboratorium Karantina Hewan, drh. Ardhiana Nur Suryani, menjelaskan Provinsi Papua sudah sejak lama mencanangkan Bebas Penyakit dari Avian Influenza pada unggas.

Oleh karena itu lanjutnya setiap unggas yang akan dilalulitaskan keluar masuk Papua harus dilakukan uji sebagaimana yang dilakukan Petugas Laboratorium Karantina Timika.

“Pengujian HA/HI terhadap seluruh sampel serum darah ayam menunjukkan hasil negatif, dengan demikian ayam-ayam tersebut aman untuk dikonsumsi dan baik didalam maupun dikirim keluar daerah,” jelasnya. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *