BERITA UTAMAMIMIKA

Dipertanyakan, 26 Sekolah di Mimika Tidak Daftarkan Siswanya Untuk Ikut Seleksi Duta Anti Narkoba

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
21
×

Dipertanyakan, 26 Sekolah di Mimika Tidak Daftarkan Siswanya Untuk Ikut Seleksi Duta Anti Narkoba

Share this article
8c24797f c859 48ce 8eab 361fa5adf562
Penyerahan soal seleksi menandai dibukanya pemilihan duta anti narkoba di Aula Kampus STIE Jambatan Bulan Mimika, Senin (18/9).

Timika, fajarpapua.com – Seleksi pemilihan duta anti narkoba yang diselenggarakan pertama kalinya oleh Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Mimika tahun 2023 resmi dimulai.

Seleksi dilaksanakan mulai Senin 18 September hingga 7 Oktober 2023 yang diikuti siswa-siswi dari perwakilan SMA, SMK maupun MA se-Kabupaten Mimika.

ads

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika Fransuskus Bokeyau mewakili Pemda Mimika, bersama Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika Kompol Mursaling dan Anggota DPRD Mimika Redy Wijaya di Aula Kampus STIE Jambatan Bulan Mimika, Senin (18/9).

Tujuan pemilihan duta narkoba untuk mencari siswa-siswi yang berprestasi serta bisa memberikan edukasi tentang bahaya narkoba. Nantinya duta anti narkoba ini akan turun ke masyarakat untuk menyampaikan bahaya narkoba.

Ketua LAN Mimika Mawar Soplanit dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah mendukung kegiatan tersebut.

“Kegiatan yang kami laksanakan ini melibatkan semua pihak sehingga berirama, baik dari unsur BNN, pemerintah dan pihak lainnya,” kata Mawar.

Namun ia menyayangkan dari 41 sekolah tingkat SMA, SMK dan MA yang mendaftar hanya 15 sekolah. Sehingga patut dipertanyakan mengapa 26 sekolah tidak mendaftarkan siswanya pada kegiatan yang sangat penting tersebut.

“Dinas Pendidikan harus pertanyakan mengapa banyak sekolah tidak ikut serta dalam kegiatan ini. Padahal kegiatan ini bukan semata-mata kami selenggarakan sendiri tapi berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan,” ungkapnya.

Selanjutnya mewakili Pemda Mimika Fransiskus Bokeyau dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting, sehingga mewakili Pemerintah dirinya mengucapkan terima kasih kepada LAN yang sudah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Ini kegiatan sangat baik dan kami berikan apresiasi kepada penyelenggara dan anak-anak sekalian yang ikut,” katanya.

Ia mengungkapkan hari ini para peserta akan dibimbing LAN untuk tidak terjerumus dalam bahaya Narkoba yang selalu mengancan generasi muda.

“Hari ini kalian akan diantarkan oleh teman-teman LAN dan BNN untuk selamatkan diri, masyarakat, Kabupaten Mimika bahkan bangsa dari bahaya Narkoba,” ungkapnya.

Kemudian Kepala BNN Mimika Kompol Mursaling dalam sambutannya mengatakan, musuh negara yang sangat berbahaya saat ini adalah Narkoba. Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memerangi dan menjauhkan diri dari narkoba.

Menurutnya tujuan kegiatan ini sangat baik yaitu untuk mencari potensi generasi muda agar menjadi edukator untuk memberikan informasi terkait pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan Narkoba di Kabupaten Mimika.

“Kami sampaikan banyak terima kasih kepada LAN Mimika serta Pemda Mimika yang sudah memberikan dukungan serius dalam pemberantasan Narkoba di Kabupaten Mimika,” tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *