BERITA UTAMAPAPUA

Pangdam Pangemanan Tegaskan Sikap Netral TNI pada Pilpres dan Pilkada

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Pangdam Pangemanan Tegaskan Sikap Netral TNI pada Pilpres dan Pilkada

Share this article
IMG 20231005 WA0055
Pemberian Tumpeng dan Bingkisan oleh Pangdam XVII/Cenderawasi, Kapolda Papua , Danlanud Silas Papare dan Danlantamal X Jayapura

Jayapura, fajarpapua.com– Peringatan HUT ke-78 TNI 2023 di Jayapura dipusatkan di Lapangan Rugby Lanud Silas Papare, Kamis (5/10).

Upacara HUT TNI ke-78 ini, dipimpin Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pengemanan, turut dihadiri Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakiri, Danlanud Silas Papare Marsma TNI M. Dadan Gunawan, Danlantamal X Jayapura Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ludi Prastyono, Forkompinda Papua dan para perwira TNI AD, AU, AL serta seluruh prajurit maupun pelajar SD, SMP dan SMA.

ads

HUT ke-78 TNI tahun ini mengangkat tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.”

Pangdam Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pengemanan menyampaikan TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa telah berhasil diatasi dengan baik.

Sementara dalam menghadapi Pemilu serentak 2024, Pangdam Mayjen Izak Pangemanan mengatakan, sikap TNI dalam pemilu nanti tetap netral bersama-sama Polri baik Pilpres maupun Pilkada.

“Sikap kita TNI tentunya netral dalam Pemilihan ini. Kita bersama-sama Polri kita amankan pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 nanti di Pilores dan Pikada,”katanya.

Dikatakan dia, untuk meberikan jaminan netralitas prajurit pada Pemilu 2024, ditingkat bawah kami terus memberikan arahan dan mengawasi prajurit di lapangan.

“Kita terus berikan arahan pada prajurit di semua wilayah tugas. Kita pun awasi mereka, tidak boleh prajurit kita yang terlibat kegiatan politik. Kita netral ya,”tegas Pangdam Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Sementara itu bagi prajurit yang sudah berjuang bagi NKRI, kami telah memberikan penghargaan pada mereka yang telah berkorban.

“Tadi kita sudah mengheningkan cipta bagi prajurit-prajurit yang sudah memberikan nyawanya pada negara ini. Kedepan kita harap jangan sampai ada korban lagi baik di pihak TNI, Polri dan masyarakat. Mari kita jaga perdamaian di tanah Papua ini,”tuturnya.

Perayaan upacara HUT ke-78 RI kali ini dimeriahkan dengan berbagai antraksi dari prajurit TNI, Drumband SMA 1 Sentani. Serta pelaksanaan para defile oleh masing-masing TNI dari AD, AU, AL, Polri, Sipil, siswa dan alat-alat pendukung kegiatan TNI.

Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Pangdam, Danlantamal, Danlanud, Kapolda yang diberikan kepada prajurit serta pemberian cendera mata pada masyarakat.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *