BERITA UTAMAMIMIKA

Resmi, PT Freeport Indonesia Serahkan Fasilitas Pengolahan Air Bersih Kepada Pemda Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
70
×

Resmi, PT Freeport Indonesia Serahkan Fasilitas Pengolahan Air Bersih Kepada Pemda Mimika

Share this article
da4a4027 c835 4d06 af6a 1507b9c203ca
Director & EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma dan Asiaten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono menunjukkan berita acara serah terima Fasilitas Pengolahan Air Bersih Check Point Kuala Kencana, Kamis (12/10).

Timika, fajarpapua.comPT Freeport Indonesia (PTFI) secara resmi menyerahkan fasilitas pengolahan air bersih kepada Pemda Mimika. Acara serah terima ditandai penandatanganan berita acara dan penekanan tombol sirene di lokasi pengolahan sekitar pintu masuk Check Point Kuala Kencana, Kamis (12/10).

Director & EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma dalam sambutannya mengatakan, penyediaan air bersih ini menjadi prioritas PTFI dalam berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Diharapkan fasilitas ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Mimika.

ads

“Kami percaya bahwa fasilitas ini berhasil dibangun berkat kolaborasi yang baik antara PTFI dan Pemkab Timika. Kami berharap bahwa pasokan air bersih ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat di Kabupaten Mimika,” katanya.

Menurut dia, fasilitas ini menambah kemajuan yang ada di Kabupaten Mimika dengan adanya infrastruktur yang luar biasa. Selain itu, fasilitas ini untuk mendukung masyarakat kota Timika mendapatkan akses air bersih air yang murah, sekaligus memperbaiki kualitas hidup warga kota Timika.

PTFI bertanggung jawab atas pembangunan pengolahan air bersih, sementara Pemkab Timika menangani pembangunan infrastruktur pipa dan jaringan distribusi air ke rumah-rumah warga, dan hari ini PTFI menyerahkan aset ini kepada pemerintah sekaligus melakukan uji coba,” tuturnya.

Selanjutnya Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika Hendritte Tandiyono menyampaikan terima kasih atas kontribusi positif yang diberikan PTFI. Ia juga mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan pembangunan fasilitas tersebut.

“Ini adalah kerja sama yang sangat baik, kami sangat berterima kasih kepada PTFI. Serah terima ini juga memiliki makna khusus karena dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kabupaten Mimika,” katanya.

Dikatakan, program ini adalah kolaborasi untuk memenuhi salah satu kebutuhan warga Timika dalam sektor kesehatan karena selama ini masyarakat mengkonsumsi air sumur.

“Kita berharap tahun ini atau tahun depan, semua warga Mimika bisa mengkonsumsi air bersih ini,” tuturnya.

Sebelumnya PTFI dan Pemda menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk partisipasi dalam pembangunan sistem air bersih di wilayah Kabupaten Mimika. MoU antara PTFI dan Pemda Mimika ditandatangani pada bulan Maret 2013 dengan nilai komitmen sebesar USD 10 juta dolar AS atau IDR 150 miliar rupiah.

Proyek pembangunan WTP dibangun di atas lahan 1,36 hektar, dan dalam periode satu tahun sejak serah terima fasilitas. Selain itu, PTFI juga membangun fasilitas pendukung seperti kantor, laboratorium, ruang genset, ruang panel, rumah pompa, dan rumah trafo untuk menunjang Fasilitas Pengolahan Air Bersih, serta mewujudkan komitmen untuk mendampingi Pemda dalam mengoperasikan dan merawat fasilitas ini.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *