BERITA UTAMAMIMIKA

Peduli Lingkungan, Polres Mimika Lakukan Aksi Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Puriri

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
214
×

Peduli Lingkungan, Polres Mimika Lakukan Aksi Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Puriri

Share this article
IMG 20231024 WA0038
Polres Mimika lakukan aksi tanam 1.000 pohon mangrove serentak di pulau Puriri, Selasa (24/10/2023).

Timika, fajarpapua.com – Wakapolres Mimika, Kompol Hermanto, didampingi oleh Kabag SDM, Kompol Y. Mince Mayor, bersama 27 personel dari Kepolisian dan 12 personel dari PT. Freeport Indonesia, melaksanakan kegiatan penanaman pohon di Pulau Puriri, Selasa (24/10).

Pulau Puriri sendiri terletak di ujung terluar Kabupaten Mimika dan diakses melalui perjalanan dengan menggunakan transportasi darat dan laut.

ads

Wakapolres menjelaskan, tema dari kegiatan penanaman pohon ini adalah Polri Presisi Lestarikan Lingkungan Penghijauan Sejak Dini.

Kegiatan dimulai dengan berkumpul di Bandara Lama, lalu menggunakan bus PT. Freeport Indonesia menuju Porsite.

Kemudian dilanjutkan perjalanan dengan soeedby “Suara Alam” menuju Pulau Puriri, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika.

Dikatakan kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari program Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk melestarikan lingkungan sejak dini.

“Penanaman pohon memiliki manfaat besar, termasuk menjaga udara tetap bersih, menjaga ketersediaan air tanah, serta mencegah bencana banjir dan longsor. Oleh karena itu, penting untuk mengajarkan kesadaran cinta lingkungan sejak usia dini,” ucapnya.

Jery Rumainum, perwakilan dari PT. Freeport Indonesia, memberikan penjelasan mengenai pentingnya pohon mangrove dalam lingkungan hidup.

“Pohon mangrove berperan penting dalam menahan arus air laut yang dapat mengikis daratan pantai. Dengan kata lain, pohon mangrove membantu menjaga garis pantai dan mencegah erosi yang disebabkan oleh air laut,” kata Jery.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *