BERITA UTAMAMIMIKA

Aneh, APBD Mimika Belum Ditetapkan Tetapi Gaji Pegawai Sudah Dibayarkan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4121
×

Aneh, APBD Mimika Belum Ditetapkan Tetapi Gaji Pegawai Sudah Dibayarkan

Share this article
IMG 20240108 WA0075
Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob.

ads

Timika, fajarpapua.com – Aneh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika tahun 2024 yang hingga hari ini belum ditetapkan oleh DPRD Mimika tetapi PNS Pemda Mimika sudah terima gaji Januari 2024.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob saat ditemui usai memimpin apel gabungan Senin (8/1) mengatakan jika APBD belum ditetapkan maka belum bisa mengeluarkan keuangan yang terkait dengan anggaran daerah.

“Walaupun uang kita ada tapi belum bisa dan kita harus membuat pedoman uang termasuk gaji PNS Pemda. Makannya saya tanya tadi para PNS jawab sudah, terus suratnya mana APBD kita belum ditetapkan. Ini kekeliruan yang dilakukan sebenarnya,”katanya.

Menanggapi kekeliruan yang terjadi tersebut agar tidak terjadi lagi Wabup berharap sebelum APBD ditetapkan hendaknya para pegawai melakukan tugas dan tanggung jawab yang berhubungan dengan pelayanan saja.

“Saya imbau kepada para pegawai kita kerja sesuai prosedural saja. Sebelum APBD ditetapkan kita lakukan pekerjaan pelayanan kepada masyarakat saja,”tuturnya.

Terkait APBD 2024 Mimika belum ditetapkan Wabup mengungkapkan ada konsekuensi apabila APBD Induk mengalami keterlambatan penetapan yiatu APBD yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) akan ditunda 6 bulan

“Seharusnya APBD ditetapkan sebelum tahun berjalan, tetapi kalau ditetapkan tahun ini maka ada konsekuensinya,”ungkapnya.(ron)

Response (1)

  1. Berdasarkan UU 33 Tahun 2004, Gaji termasuk dalam komponen belanja wajib mengikat, ditetapkan atau belum ditetapkannya APBD maka gaji boleh dibayarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *