BERITA UTAMAMIMIKA

Kantor SAR Timika Gelar Perayaan HUT ke 52, Ini Pesan Kepala Basarnas

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
35
×

Kantor SAR Timika Gelar Perayaan HUT ke 52, Ini Pesan Kepala Basarnas

Share this article
IMG 20240229 WA0018
Berfoto bersama usai upacara dalam rangka HUT ke 52 Basarnas di kantor SAR Timika jalan Yos Sudarso Timika, Kamis (29/2).

ads

Timika, fajarpapua.com – Kantor Badan pencarian dan pertolongan (SAR) Timika menggelar perayaan HUT ke 52 Badan SAR Nasional (Basarnas), Kamis (29/2).

Kegiatan dirangkai dengan upacara gabungan dan pemotongan kue ulang tahun secara zoom yang dilakukan serentak.

Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Forkopimda Mimika serta instansi lainnya yang ada di Kabupaten Mimika.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kepala Kantor SAR Timika George LM Randang menyampaikan, hingga saat ini, setelah setengah abad lebih, Basarnas sebagai lembaga pemerintah konsisten menunjukkan eksistensinya menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang pencarian dan pertolongan.

Dalam perjalanannya, Basarnas telah mengalami berbagai peristiwa, suka dan duka, dinamika yang terjadi selama itu menjadi dasar untuk memperkokoh fondasi basarnas dalam mengampu tugas dan tanggung jawabnya, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada saat terjadi keadaan darurat, baik kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia.

“Tema ulang tahun kali ini adalah “quick action, satu jiwa satu rasa”. Tema tersebut merepresentasikan kecepatan kita dalam memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat. Semakin cepat, maka semakin besar kemungkinan kita menyelamatkan korban. Kecepatan itu dilandasi dengan semangat pengabdian, keteguhan dan ketulusan hati, serta kebersamaan yang solid,” katanya

“Kita bekerja profesional dengan berbasis kompetensl, cepat, tepat, dan terukur. Ingat, pekerjaan SAR memiliki resiko tinggi, karena itu, safety first dan zero accident menjadi hal krusial yang mutlak diterapkan dalam tugas,” imbuhnya.

Diungkapkan ciri khas insan SAR dalam bekerja adalah memiliki dimensi moral yang tinggi, misi kemanusiaan yang mulia, bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas dalam penyelenggaraan operasi.

Insan SAR lanjutnya juga harus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan.

Diutarakan, reputası Basarnas selama ini sangat membanggakan, dicintai masyarakat.

“Reputasi itu harus kita jaga dan kita pertahankan denganetos kerja secara komprehensif,” tegasnya.

Ditegaskan Kabasarnas, ada 5 poin untuk dipedomani dalam bekerja pertama, tingkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang maha esa selalu berdoa dalam melaksanakan tugas dengan tulus, ikhlas, dan loyal.

Kedua, pegang teguh panca prasetya korpri dan janji rescuer dalam pelaksanaan tugas.

Ketiga, wujudkan profesionalisme sebagai asn berakhlak, yaitu berorientasi pada pelayanan, akuntabel, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, yang berpedoman pada standard operating procedure.

Keempat, wujudkan sinergitas dan jaga kekompakan dengan seluruh potensi sar dimanapun bertugas denga mengedepankan dan menjaga kepercayaan rakyat.

Kelima, terus berinovasi dan kembangkan kreativitas dengan proaktif mengikuti dan beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saya berharap, dengan kecepatan, kapabilits, dan standart operating procedure di segala aspek, Basarnas kedepan dapat lebih baik dan lebih baik lagi,”tuturnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *