BERITA UTAMAMIMIKA

Gelar Acara Syukuran, Dete Abugau: Saya Menjadi Ketua KPU Karena Kasih Tuhan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
1637
×

Gelar Acara Syukuran, Dete Abugau: Saya Menjadi Ketua KPU Karena Kasih Tuhan

Share this article
IMG 20240405 WA0051
Foto bersama Dete Abugau Ketua KPU Mimika bersama dengan keluarga besar Arwanop

ads

Timika, fajarpapua.com – Keluarga besar Dete Abugau pada Jumat (5/4) menggelar acara syukuran atas terpilih dirinya sebagai Ketua KPU Kabupaten Mimika masa jabatan 2024- 2029.

“Saya tidak punya uang, saya tidak punya apa-apa tapi saya punya Tuhan dan semangat yang membuat saya bisa menjadi ketua karena Tuhan,” ujar nya saat ditemui di Kampung Jayanti SP 13, Jumat (5/4)

Dalam acara itu hadir sembilan Klasis Kingmi Mimika, keluarga besar Arwanop dari lokasi Trans Nabire, Kwamki Narama dan Mile 32.

“Ini semua keluarga saya, mereka datang tanpa saya minta. Mereka langsung membawakan saya babi, sayur mayur juga umbi-umbian untuk kita bakar batu,” ujarnya.

Dalam acara tersebut total ada sekitar 20 ekor babi yang dibakar sebagai bentuk ucapan syukur karena terpilihnya putra Suku Amungme, Dete Abugau sebagai Ketua KPU Kabupaten Mimika.

Lanjutnya, acara syukuran sebenarnya digelar usai pelantikan pada 4 Ferbuari 2024 lalu, namun karena banyaknya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang dijalankan sehingga baru terlaksana.

“Acara syukuran dikemas dengan doa bersama, puii-pujian dan bakar batu, ini merupakan salah satu budaya orang asli Papua khususnya masyarakat wilayah pegunungan. Ini tidak ada kepentingan, murni ucapan syukur saja,”jelasnya

Sementara itu Ketua Klasis Kingmi Timika Kota, Pdt.David Onawame berharap Dete Abugau bisa melaksanakan tugas sesuai kehendak Tuhan.

“Sebagai hamba Tuhan, kami hanya mendukung dalam doa, agar apa yang ia lakukan sesuai kehendak Tuhan, karena bila berdiri atas kehendak-Nya, maka semua akan sukses,”ungkapnya

Hal yang sama diungkapkan Ketua Persiapan Klasis Kingmi Angiyga, Pdt. Janes Natkime yang akan selalu mendukung Dete Abugau dalam doa, agar pengabdiannya sesuai dengan yang Tuhan inginkan.

“Amungme sebagai pemilik hak ulayat, perlu mengisi posisi yang selama ini tidak dipikirkan. Saat ini kesempatan yang Tuhan berikan, ini merupakan langkah maju bagi anak -anak Amungme,” tutupnya. (moa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *