Polres Mimika Gelar Operasi Zebra, Kendaraan Ditilang Lalu Diingatkan

by -
Iptu Devrizal
Kasat Lantas Polres Mimika, Iptu Devrizal

Timika, fajarpapua.com – Jajaran Polres Mimika menggelar Operasi Zebra 2020 mulai Senin (26/10) hingga (8/11) bulan depan.

Operasi hari pertama berlangsung di depan Polres Mimika yang melibatkan armada Satlantas juga anggota Polres lainnya.

Kasat Lantas, Iptu Defrizal kepada wartawan, Senin (26/10) mengatakan operasi zebra berlangsung di seluruh Indonesia selama 14 hari kedepan, dengan tujuan untuk keselamatan dan keamanan pengendara, ketertiban dalam berlalulintas, serta kelengkapan dokumen kendaraan.

Untuk itu para pengendara diharapkan dapat melengkapi kendaraannya dengan dokumen atau surat-surat kendaraan seperti surat izin mengemudi (SIM), STNK.

Selain itu, para pengendara juga harus tertib dalam mengendarai kendaraan di jalan, serta memperhatikan kelengkapan kendaraan.

Dalam operasi zebra petugas tidak melakukan tilang kendaraan, tapi pengemudi atau pengendara diminta untuk dapat melengkapi surat-surat kendaraan.

Hari kedua, kata Defrizal, tempat dan lokasi operasi akan berpindah. Kalau hari pertama depan Polres, kemudian hari kedua berpindah ke depan Gereja Tiga Raja.

Depan Gereja Tiga Raja, adalah perempatan yang cukup padat dengan lalulintas kendaraan, sehingga tepat jika hari kedua operasi berlangsung di lokasi tersebut.

“Operasi pertama memang banyak kendaraan yang dijaring, tapi pengendaranya diingatkan untuk melengkapi kekurangan baik kendaraannya maupun surat-surat kendaraan. Kami Polri memiliki petunjuk teknis soal operasi zebra ini, tinggal ditindaklanjuti dalam kegiatan operasi setiap hari hingga tanggal 8 November nanti,” katanya.

banner 300250

Setelah perempatan Gereja Tiga Raja, lokasi operasi akan berpindah-pindah pada sejumlah tempat. Operasi berlangsung pagi hari hingga pukul 14.00 Wit siang sehingga beri waktu untuk anggota istirahat, kemudian dilanjutkan lagi pada sore hari.

“Kami berusaha begitu maksimal dalam operasi ini sehingga warga paham dan mengerti soal terciptanya lalu lintas aman, berkendaraan di jalan tanpa ada gangguan, serta kendaraan dilengkapi dengan dokumen yang jelas,” terang Defrizal.(tim)

INFO IKLAN 0812-3406-8145