6 KKB Nyebrang Sungai Bawa Senjata di Tembagapura, Terlibat Kontak Tembak dengan Aparat

by -
IMG 20210301 WA0003
Lokasi kontak tembak dengan KKB

Timika, fajarpapua.com – Aparat gabungan terlibat kontak tembak dengan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Tembagapura, Papua pada Minggu (28/2) sekitar pukul 10.30 WIT.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata dalam rilis yang diterima media Senin (1/3) mengatakan kejadian berawal aparat melakukan patroli di hutan sekitar Mile 53 Tembagapura. Terlihat 6 orang KKB di seberang sungai membawa 2 pucuk senjata api hingga terjadi kontak tembak sekitar 30 menit.

Dijelaskan, kontak tembak berhenti setelah KKB lari masuk hutan. Sampai saat ini aparat masih berusaha menuju lokasi tempat dimana KKB melakukan tembakan.

“Perlu diketahui bahwa lokasi dimana KKB melakukan tembakan sangat jauh karena harus mencari sungai yang dangkal yang memungkinkan aparat untuk menyeberang,” papar Kapolres.

BACA JUGA:  Pelajar Tewas Ditembak KKB Pimpinan Lekagak Telenggen

Dikemukakan, setelah beberapa kelompok KKB meninggalkan Tembagapura masih ada 1 KKB yang tersisa di wilayah itu yaitu KKB pimpinan Joni Botak yang keberdaannya ada di hutan-hutan.

Untuk mendesak ruang gerak KKB, aparat gencar melakukan patroli lebih masuk ke hutan. Tindakan itu sekaligus menjaga keamanan masyarakat maupun operasional PTFI.

“Wilayah Tembagapura sampai saat ini dipastikan aman terkendali dan saya menghimbau agar masyarakat dapat ikut berperan serta dengan pihak aparat keaamanan menjaga situasi wilayah Tembagapura tetap kondusif,” paparnya.

Lanjut dia, aparat TNI Polri tetap akan melakukan patroli ke daerah-daerah yang berdasarkan informasi intelijen dan masyarakat menjadi tempat persembunyian KKB.(rul/ana)