BERITA UTAMAPAPUA

Ganas !!! Ini Profil Pasukan Setan TNI, Pernah Tumpas GAM Hingga Kini Dikirim ke Papua

cropped cnthijau.png
42
×

Ganas !!! Ini Profil Pasukan Setan TNI, Pernah Tumpas GAM Hingga Kini Dikirim ke Papua

Share this article
Pasukan Setan Batalyon Infanteri 315 Garuda
Pasukan Setan Batalyon Infanteri 315 Garuda

PASUKAN Yonif 315/Garuda adalah salah satu kesatuan di Batalyon Infantri TNI Angkatan Darat. Yonif 315/Garuda didirikan pada tanggal 20 Agustus 1948.

Batalyon Infantri 315/Garuda sebagai satuan tempur yang berada langsung di bawah Korem 061/Surya Kencana mempunyai kedudukan dan peran penting dalam mendukung tugas pokok Korem 061/SK menjaga keutuhan dan ketangguhan dari berbagai ancaman, gangguan, rintangan dan tantangan yang mungkin timbul.

ads

Markas Komando (Mako) Yonif 315/Garuda berada di Jl. Mayor Jenderal Ishak Djuarsa, Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat.

Pernah Disibukkan Perang di Mimika, Kapolda Papua Ingatkan Polisi dan Brimob Tidak Lagi Biarkan Perang Suku(Opens in a new browser tab)

Dari data yang dihimpun, Pasukan Setan TNI merupakan nama kompi tentara bersenjata yang muncul di daerah Cirebon, Jawa Barat, dua tahun setelah Indonesia merdeka, tepatnya 20 Agustus 1947.

Seiring berjalannya waktu, jumlah personel Pasukan Setan terus bertambah yang sebagian besar berasal dari kompi pasukan yang berasal dari Banten. Sejak saat itu, Pasukan Setan berganti nama menjadi Yon atau disingkat Brigade Y Divisi VI/Siliwangi.

Pasukan Setan TNI Yonif 315 Garuda
Pasukan Setan TNI Yonif 315 Garuda

Kemudian pada bulan Januari 1951 unit ini kembali berganti nama menjadi Batalyon 1515/Tirtayasa. Setahun kemudian, nama satuan itu kembali diubah menjadi Batalyon 315/Resimen Garuda VIII Teritori III/Siliwangi.

Kemudian pada November 1958, karena ketika itu mereka hanya menggunakan topi baret hijau sebagai penutup kepala, akhirnya unit ini diberi lambang elang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *