BERITA UTAMAMIMIKA

Kampung Mawokau Jaya Bagikan Rp 219 Juta Dana BLT Untuk 146 Kepala Keluarga

cropped cnthijau.png
4
×

Kampung Mawokau Jaya Bagikan Rp 219 Juta Dana BLT Untuk 146 Kepala Keluarga

Share this article
Edison Rafra
Edison Rafra

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Kampung Mawokau Jaya telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT) sebesar Rp 219 juta, yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2021 pada Kamis (6/8).

Penyaluran BLT sendiri dilakukan berdasar Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 222 Tahun 2020 tentang pengelolaan dana desa.

ads

BLT tersebut disalurkan kepada 146 kepala keluarga (KK) yang merupakan warga Kampung Mawokau Jaya.

Kepala Kampung Mawokau Jaya, Edison Rafra kepada fajarpapua.com berdasar ketentuan dari Kementrian Desa RI, warga yang menerima BLT adalah warga yang menetap dan ber KTP Mawokau Jaya.

Edyson menegaskan 146 KK penerima BLT sebelumnya telah disepakati bersama melalui musyawarah kampung yang terdiri dari 12 Rukun Tetangga (RT).

Diterangkan setiap KK menerima dana BLT tahap pertama untuk lima bulan sebesar Rp 1,5 juta atau tiap bulan warga menerima Rp 300 ribu.

Sementara total dana yang disalurkan sebesar Rp. 219.000.000 untuk lima bulan.

“Jumlah penerima dari setiap RT berbeda tergantung dari jumlah KK yang berhak. Mereka yang menerima adalah masyarakat yang hidup dengan ekonomi menengah kebawah,” kata Edyson.

Terkait penyaluran BLT yang dipusatkan di Kantor Pemerintahan Kampung Mawokauw Jaya menurut Edyson untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Mereka tidak terima melalui RT, karena kita juga menjaga supaya tidak menimbulkan banyak pertanyaan dari masyarakat. Yang jelas 146 penerima ini, itu melalui hasil musyawarah kampung, hasil musyawarah itu yang kita pakai,” jelasnya.

Selain itu Edyson menerangkan penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Program Keluarga Harapan (PKH) tidak diakomodir dalam BLT.

Kepala Distrik Wania, Richard Wakum,SE MSi mengapresiasi Pemerintah Kampung Mawokauw Jaya yang telah membagikan BLT kepada masyarakat.

Richard berharap bantuan ini dapat berguna bagi masyarakat dimasa pandemi ini dan penerima dapat menggunakan dengan baik, untuk kebutuhan keluarga. (mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *