BERITA UTAMAGEBYAR PON PAPUA

Taklukkan Bali, Tim Basket Putri Jawa Timur Juara Pool X, Borong Point 4 Quarter Sekaligus

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
11
×

Taklukkan Bali, Tim Basket Putri Jawa Timur Juara Pool X, Borong Point 4 Quarter Sekaligus

Share this article
Kapten Tim Basket Putri Jawa Timur, Christine Aldora Thundawan saat akan melakukan fouls drawn pada pertandingan babak penyisihan pool X melawan Bali.
Kapten Tim Basket Putri Jawa Timur, Christine Aldora Thundawan saat akan melakukan fouls drawn pada pertandingan babak penyisihan pool X melawan Bali.

Timika, fajarpapua.com – Tim Basket Putri Jawa Timur membuktikan dirinya pantas menduduki juara di Pool X pada babak penyisihan pertandingan bola basket PON XX Papua setelah menang empat quarter sekaligus melawan Tim Basket Bali, Senin (4/10) di GOR Mimika Sport Complex (MSC).

Setelah berhasil menggilas dua saudara se-tanah Jawa yakni Jawa Tengah dan Jawa Barat pada babak penyisihan sebelumnya, para pebasket kota pelajar ini berhak keluar sebagai pemenang di Pool X dan selanjutnya akan bermain di babak semi final.

Ads

Pada babak semifinal, tim tersebut akan bertanding dengan runner up Pool Y yakni tim DKI Jakarta pada Kamis (7/10) mendatang.

Sebagai pelatih, Leni mengatakan hasil pertandingan sore ini sesuai dengan apa yang ditargetkan. Para pemain sudah menunjukkan performa terbaik dan menjaga kekompakan.

“Kita mencapai target, anak-anak mainnya sudah sangat bagus, mereka tetap solid sampai akhir,” ujar Leni.

Dari hasil pertandingan ini, mereka akan dipertemukan dengan tim DKI Jakarta yang diakuinya sangat kuat. Walau begitu, dia yakin bisa menang.

“Lawan selanjutnya di semifinal kita ketemu DKI, kekuatan mereka kita sudah tahu, kita siap,” tegasnya.

Mewakili para pemain, Christine Aldora Thundawan mengatakan kemenangan ketiga kalinya ini berkat ketenangan dan taktik bermain yang diterapkan dengan apik.

Pada permainan kali ini, mereka lebih tenang dan menjaga defence dengan komunikasi yang sangat baik. Jika ada mis komunikasi, segera mereka perbaiki sehingga bisa menang telak empat quarter sekaligus.

“Tim lebih tenang, defend lebih baik daripada sebelumnya, kami jaga komunikasi, walaupun ada yang terlewat itu karena ada misskomunikasi yang harus kami perbaiki cepat,” jelasnya.

Sementara tim basket putri Bali menjadi runner up pool X dan akan bertemu dengan juara Pool Y, Sulawesi Selatan pada Kamis (7/10).

Pelatih tim basket Putri, Bali, Muflih Farhan mengatakan timnya harus puas menjadi runner up Pool X. Kekalahan atas Jawa Timur bisa terjadi karena faktor kelelahan dari para pemain. Di mana, mereka hanya diberi kesempatan untuk istirahat kurang lebih 13 jam usai mengikuti pertandingan pada babak penyisihan pool x.

“Hanya ada jeda 13 jam. Agak ada pengaruh karena molornya pertandingan sebelumnya, tapi mereka sudah bermain dengan baik,” ungkapnya.

Lanjut dia, timnya yang akan melawan Sulsel di semifinal, akan diupayakan untuk bermain lebih baik lagi. “Saya pikir kita semua sama, saya respek mereka (Sulsel), karena sudah menang lawan DKI Jakarta, semua memiliki kans untuk menang,” jelas Muflih.

Hal yang sama diakui Putu Tiana Widiastri. Kekalahan timnya ini dikarenakan mereka seperti bermain bukan dengan “gaya Bali”. Kurang fokus karena kelelahan juga kata Putu, menyebabkan banyak kesempatan mencetak point’ hilang begitu saja.

“Dari awal kita kurang fokus, ngak jalan seperti biasa, kita akan lebih fokus lagi di pertandingan selanjutnya, kita harus siap, harus lebih semangat lagi,” ungkapnya.

Pada pertandingan babak penyisihan sore ini, tim basket putri Jawa Timur menang telak empat quarter berturut-turut. Pada quarter pertama Jawa Timur memimpin 15 point’ dan Bali tertinggal jauh hanya 4 point’.

Sang kapten, Christine Aldora Thundawan yang bermain sangat apik mencetak sampai 15 point’ membuat Bali kewalahan.

Quarter kedua semakin menambah semangat Jawa Timur mencetak point demi point’. Quarter kedua ini semakin seru dengan kejar-kejaran point’. Amelia Ryan Ayu Ardhany juga tak kalah gesitnya mengondol si bundar sampai ke net lawan. di quarter ke dua ini, Jawa Timur unggul 28 point’ dan Bali hanya puas di 14 point’ saja.

Bali juga bukan tanpa perlawanan, Putu Tiana Widiastri dan Kadek Sanis Jisanceghi dengan fouls drawn mereka cukup mengagetkan lawan. Terbukti Bali bisa menambah 22 point’. Namun, mereka harus kembali menelan kecewa karena Jawa Timur ternyata sangat tangguh di bagian pertahanan. Jawa Timur kembali mengubah strategi dengan menukar para pemainnya sehingga berhasil mengguli Bali dengan 33 point’.

Ketangguhan Thundawan bersama kawan-kawanya tidak perlu diragukan lagi. Pada quarter ke empat mereka dengan sangat baik menutup kemenangan dengan 51 point’ dan Bali hanya boleh puas di angka 31 point’. (Sitha/Stefanus Ambing)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *