Dari Pembukaan Indonesia Basketball Festival Mimika Series, Ketua Perbasi: Saya Percaya Potensi Atlit di Papua Memperkuat Timnas Indonesia

by -
Pembukaan Indonesia Basket Festival Series di Mimika Sport Complex, Jumat (7/1/2022).
Pembukaan Indonesia Basket Festival Series di Mimika Sport Complex, Jumat (7/1/2022).

Timika, fajarpapua.com- Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) yakin banyak potensi atlit di Papua yang bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PP Perbasi Pusat, Dani Kosasih saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Indonesia Basketball Festival Mimika Series yang berlangsung di Mimika Sport Complex, Jumat (7/1).

“Perbasi percaya banyak potensi atlet di Papua khususnya di Timika yang bisa memperkuat Timnas Indonesia,” ujarnya.

Bahkan saat ini, lanjutnya, sudah ada dua atlit asal Provinsi Papua yang telah terpilih untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Menurut Dani Kosasih, hal inilah yang membuat PP Perbasi menunjuk Provinsi Papua dalam hal in Kabupaten Mimika untuk mengawali pelaksanaan Indonesia Basketball Festival yang juga akan digelar di beberapa kota besar seperti Yogyakarta dan Jakarta.

Sementara Bupati Mimika dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Mimika, Ir. Syahrial MM mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Perbasi Pusat yang telah menunjuk Kabupaten Mimika sebagai salah satu tuan rumah Indonesia Basketball Festival.

“Ini hal yang luar biasa dan merupakan bentuk kepercayaan Perbasi Pusat terhadap kemampuan Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Dikatakan, Pemda Mimika selama ini memiliki kebijakan dalam mendukung perkembangan olahraga yang ada di daerah ini.

“Hal ini dibuktikan dengan pembangunan sejumlah venue yang bertaraf internasional seperti biliar, panjat tebing dan futsal,” ujarnya.

Dijelaskan juga, pembangunan Mimika Sport Complex tempat digelarnya Indonesia Basketball Festival ini juga menunjukan komitmen pihak swasta terutama PT Freeport Indonesia dalam mendukung perkembangan olahraga di Kabupaten Mimika.

Dalam kesempatan itu Bupati Mimika juga berharap kedepannya cabang olahraga futsal dan biliar bisa menggelar iven sebagaimana yang digelar oleh Perbasi.

Sementara Vice President Security dan Risk Management PT Freeport, Arief Nasuha memberikan apresiasi kepada panitia dan berbagai pihak yang menyukseskan Indonesia Basketball Festival Mimika Series.

Menurutnya, keterlibatan PT Freeport Indonesia dalam mensponsori Indonesia Basketball Festival Mimika Series karena pihaknya mendukung penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Fédération Internationale de Basketball atau Federasi Basket Internasional (FIBA) pada tahun 2922 ini

Selain itu, lanjutnya, PT Freeport Indonesia juga selalu memberikan komitmen dalam mengembangkan atlet dan talenta olahraga di Papua.

Sedangkan Kepala Cabang Utama PT. Bank Mandiri KC. Timika Dagomes Lein menilai penyelenggaraan Indonesia Basketball Festival sebagai inisiasi yang baik dari Perbasi untuk mendukung perkembangan olahraga basketball di Papua.

“Selain itu, hal ini jug bentuk apresiasi kepada Kabupaten Mimika dan terutama kepada para atlet yang bertanding,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Dagomes mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlit dan klub serta berharap kepada semua pihak yang terlibat menjunjung sportivitas. (mas)

A valid URL was not provided.