BERITA UTAMAPAPUA

Bupati Nduga Minta Aparat Menghalau Bentrok Warga Antar Kabupaten

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Bupati Nduga Minta Aparat Menghalau Bentrok Warga Antar Kabupaten

Share this article
Pertemuan Bupati Nduga, Bupati Lanny Jaya, Bupati Jayawijaya terkait konflik warga Nduga dan Lanny di Jayawijaya
Pertemuan Bupati Nduga, Bupati Lanny Jaya, Bupati Jayawijaya terkait konflik warga Nduga dan Lanny di Jayawijaya

Wamena, fajarpapua com – Bupati Nduga, Provinsi Papua, Wentius Nimiangge minta aparat keamanan terus menghalau warga dua kabupaten yang terlibat bentrok agar tidak berkelanjutan sebab belum ada titik temu penyelesaian pertikaian yang terjadi beberapa hari lalu.

Wentius Nimiangge di Wamena, Selasa, mengatakan bentrok antara warganya dari Nduga dengan warga Kabupaten Lanny Jaya terjadi di Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya sehingga pemerintah dua kabupaten itu melakukan pertemuan di Jayawijaya.

ads

“Meski tidak ada lagi bentrok namun harus tetap diwaspadai. Artinya aparat bisa lebih tegas menutup akses-akses yang digunakan warga untuk melakukan penyerangan sehingga upaya untuk meredam konflik bisa berlangsung dengan baik,” katanya.

Walaupun situasi sudah mulai redah namun jika tidak diawasi maka kelompok kecil bahkan yang jumlahnya hanya 5 orang bisa mengakibatkan muncul lagi permasalahan besar.

“Jadi dengan menutup akses lintas warga ini maka mereka tidak lagi bisa bertemu untuk saling menyerang dan ini perlu dilihat kembali agar konflik ini tidak berlarut-larut,” katanya.

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom mengapresiasi usulan Bupati Nduga demi keselamatan warga mereka berdua.

“Tidak ada perintah dari pimpinan daerah untuk mengambil langkah tegas seperti mengeluarkan tembakan ke arah warga, di sini yang dimaksudkan tegas secara prosedural yang baik,” katanya.

Ia mengakui di wilayah Adat Lapago tidak ada anggota TNI/Polri yang ikut campur dalam konflik masyarakat, dan hal itu sudah terbukti hingga kini.

“Saya pikir masyarakat juga menghargai TNI/Polri sehingga mereka bisa menjadi penengah yang baik atau batas-batas tertentu agar tidak usah lagi warga melakukan konflik itu,” katanya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *