BERITA UTAMAMIMIKA

Festival UMKM Mimika Resmi Dibuka, 130 Peserta Tawarkan Produk Lokal Unggulan

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Festival UMKM Mimika Resmi Dibuka, 130 Peserta Tawarkan Produk Lokal Unggulan

Share this article
IMG 20230718 WA0041
Plt Sekda Mimika Petrus Yumte saat mengunjungi stan peseta Festival UMKM di Graha Eme Neme Yauware, Selasa (18/7).Foto: Reyno

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Festival Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 76 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mimika di Pelataran Graha Eme Neme Yauware resmi dibuka, Selasa (18/7).

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari hingga hari Sabtu (22/7) tersebut dibuka oleh Plt. Sekda Mimika Petrus Yumte.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 130 lebih perserta antara lain UMKM dari Sektor Pertanian dan Perkebunan, Peternakan, kerajinan tangan dan kuliner. Selain itu juga diikuti oleh OPD terkait, BUMN dan TNI Polri.

Petrus Yumte dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya mewadahi seluruh hal yang terkait dalam peningkatan pendapatan masyarakat melalui aktivitas UMKM dan Koperasi.

“Dinas Koperasi bagian dari Pemda Mimika melakukan beberapa langkah kongkrit dalam memberikan pelayanan kepada para pelaku usaha dan koperasi,” katanya.

Menurutnya UMKM di Kabupaten Mimika dihadapkan dalam berbagai masalah seperti manajemen, modal, perijinan, kemasan dan kurangnya koordinasi lintas sektor antara pemerintah dan pelaku ekonomi, sehingga salah satu tujuan dilakukanya kegiatan ini adalah ingin memajukan koordinasi Pemerintah.

“Karena para pelaku UMKM kita banyak yang belum memiliki ijin dan hak cipta serta komponen lainnya. Sehingga hari ini kita memfasilitasi para pelaku, sponsor dan donatur ditempat ini,” tuturnya.

Ia berharap Mimika menjadi barometer dari Provinsi Papua dan Papua Tengah, untuk itu pihaknya mengajak kepada semua pelaku UMKM dan sponsor serta donatur jadikan Mimika rumah bersama dan dibarengi dengan menyiapkan infra struktur ekonomi.

“Pertumbuhan UMKM dapat memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi, menyerap tenaga kerja, pajak dan kontribusi lainnya. Oleh karena itu peran UMKM dan Koperasi sangat strategis bagi pembangunan kemanusiaan,”ujarnya.

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Koperasi bangkit untuk Pembangunan berkelanjutan UMKM kuat bangsa berdaulat, UMKM Maju Mimika Unggul” tersebut juga dilakukan lomba Seka yang diikuti oleh masing-masing OPD.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *