BERITA UTAMAMIMIKA

Diaktifkan Kembali Sebagai Bupati Mimika, Eltinus Omaleng Ajak Semua Bergandengan Tangan Bangun Mimika

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
41
×

Diaktifkan Kembali Sebagai Bupati Mimika, Eltinus Omaleng Ajak Semua Bergandengan Tangan Bangun Mimika

Share this article
IMG 20230904 WA0040
Tampak Bupati Mimika Eltinus Omaleng menandatangani berita acara pengaktifan dirinya disaksikan Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk di Graha Eme Neme Yauware, Senin (4/9).

ads

Timika, fajarpapua.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengaktifkan kembali Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika sekaligus memberhentikan secara resmi Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarianto Sumito.

Pengaktifan kembali Eltinus Omaleng sebagai Bupati Mimika berdasarkan SK nomor 100.2.1.3-3640 tahun 2023 tentang pengaktifan Bupati Mimika Provinsi Papua Tengah dan Pemberhentian Pj Bupati Mimika.

Pengaktifan kembali Eltinus Omaleng yang dilaksanakan di Graha Eme Neme Yauware, Senin (4/9) itu ditandai serahterima jabatan dari PJ. Valentinus S Sumito kepada Eltinus Omaleng serta tanda tangan penyerahan SK dari Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk kepada Bupati Eltinus Omaleng.

“Diharapkan ini menjadi satu edukasi yang sangat penting di Papua bagaimana hukum positif berlaku di manapun di wilayah NKRI. Jadi yang berprasangka tidak baik bahwa pemerintah tidak baik ataupun mengkriminalisasi itu tidak benar,” ungkap PJ Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk membacakan pesan Mendagri Tito Karnavian.

Menurutnya, ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan menjadi dasar hukum untuk mengaktifkan kembali Eltinus Omaleng. Hal itu merupakan penegasan supremasi hukum di Kabupaten Mimika atau sebagai sikap pemerintah terhadap supremasi hukum di NKRI.

“Saya pikir ini menjadi edukasi bagi masyarakat Papua bahwa hukum itu akan berdiri tegak. Oleh sebab itu pemerintah tetap komitmen tinggi untuk mengikuti aturan hukum yang berlaku di negara kita,” tuturnya.

Ia mengungkapkan ada beberapa pesan dari Mendagri Kepada Bupati Mimika yang telah diaktifkan. Yakni, pertama persiapkan penyelenggaraan pemilu tahun 2024 atau kesiapan anggaran untuk KPU Bawaslu dan pengamanan TNI Polri utamanya Pilkada. Kedua, upaya penghapusan kemiskinan ekstrem yaitu target nasional 13%. Ketiga, penanganan stunting 0% pada tahun 2024.

“Secara pribadi saya sebagai pejabat Gubernur Papua Tengah memberikan apresiasi kepada Bupati Mimika dan saya ucapkan selamat kembali bekerja di tanah kelahiran,” ungkapnya.

Sementara Bupati Eltinus Omaleng menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI dan Menteri Dalam Negeri yang telah mengaktifkan dirinya sebagai Bupati Mimika.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Papua Tengah dan Pj Bupati Mimika yang telah memberikan perhatian dan telah bersedia menggantikan posisinya.

“Saya mengajak kita semua untuk terus bekerja dengan baik dan jujur di atas tanah ini sehingga apa yang menjadi visi dan misi kita bisa terlaksana dengan baik. Mari kita berdiri sebagai saudara dan saling bergandengan tangan untuk tetap bersatu membangun Kabupaten Mimika,” ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *