BERITA UTAMAMIMIKA

Puncak HUT TNI ke 78 di Mimika, TNI Tegaskan Komitmen Jamin Keamanan Pesta Demokrasi 2024

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
17
×

Puncak HUT TNI ke 78 di Mimika, TNI Tegaskan Komitmen Jamin Keamanan Pesta Demokrasi 2024

Share this article
c6a78a40 f55e 4deb ac88 a240dbb8558d
Para Komandan satuan TNI Polri, berfoto bersama usai upacara perayaan HUT TNI ke 78, Kamis (5/10).

Timika, fajarpapua.com – Puncak peringatan HUT TNI ke 78 di Kabupaten Mimika dipusatkan di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Kamis (5/10).

Adapun Tema yang diusung tahun ini adalah “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”.

ads

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Komandan Brigif Raider 20/Ima Jaya Keramo Letkol Inf Raden Yoga Raharja, dihadiri oleh seluruh komandan satuan yang ada di Kabupaten Mimika.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanatnya yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU”

Tema ini mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

“Tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah; yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya,” tuturnya.

Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa.

“TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk,”ujarnya.

Menghadapi spektrum ancaman ke depan yang semakin luas dan kompleks, tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan, yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan. Negara akan hadir untuk terus meningkatkan kapabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya getar tinggi di lingkungan strategis, regional maupun global.

Pembangunan dan modernisasi kekuatan TNI saat ini tengah dilakukan secara bertahap. Hal tersebut akan terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan, sesuai dengan kemampuan negara. TNI harus terus melakukan adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir. Memberdayakan industri pertahanan global dengan memegang teguh semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri, guna tercapainya postur TNI yang diharapkan

Selain itu, penguatan budaya strategis prajurit TNI harus tetap menjadi pagar serta fondasi utama dalam pertahanan, yaitu TNI yang semakin profesional dan manunggal dengan rakyat. Sebagai bentuk perwujudan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (total defence system), yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah maupun sumber daya nasional lainnya, untuk menegakkan kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa dan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa penekanan juga disampaikan kepada prajurit yakni Pertama, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas. Kedua, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ketiga, laksanakan komitmen netralitas TNI. Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini. Keempat, jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk. Kelima, jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Dalam perayaan HUT TNI ke tersebut para undangan dihibur atraksi aero modeling prajurit Lanud YKU Timika, dan aksi heriok beladiri dari Prajurit Yonif R 754/ENK/20/3 Kostrad.

Kegiatan diakhiri dengan menggelar foto bersama dan pembagian paket sembako kepada warga.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *