BERITA UTAMAMIMIKA

Jenifer Kanaya Gomies Raih Juara I Pemilihan Duta Anti Narkoba 2023 di Mimika, Berikut Nama-nama Utusan Sekolah yang Jadi Juara

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
40
×

Jenifer Kanaya Gomies Raih Juara I Pemilihan Duta Anti Narkoba 2023 di Mimika, Berikut Nama-nama Utusan Sekolah yang Jadi Juara

Share this article
IMG 20231008 WA0001
Para pemenang Pemilihan Duta Anti Narkoba berfoto bersama usai mengikuti babak grand final di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (7/10) malam.

ads

Timika, fajarpapua.com – Jenifer Kanaya Gomies, siswi SMA Katolik Santa Maria Timika menjadi juara I dalam ajang pemilihan Duta Anti Narkoba 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Anti Narkotika (LAN) Kabupaten Mimika bekerjasama Badan Narkotika Nasional (BNN) Mimika.

Jenifer berhasil masuk 20 besar finalis yang lolos. Selanjutnya dara berparas cantik itu juga lolos dan masuk 10 besar, kemudian 5 besar dan akhirnya menjadi juara I dengan mengumpulkan nilai 357 pada grand final pemilihan Duta Anti Narkoba yang diselenggarakan di Graha Eme Neme Yauware, Sabtu (7/10) malam.

Acara grand final tersebut dihadiri Wakil Ketua I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme, Anggota DPRD Mimika yang juga pembina LAN Reddy Wijaya, Kepala BNN Mimika Kompol Mursaling, Perwakilan Kepala Sekolah dan perwakilan Forkopimda lainnya.

Selanjutnya untuk juara II diraih Azareel Ednar Kadbo dari SMA Negeri I Mimika, juara III Ruth Natalia Davenco dari SMA YPPK Tiga Raja, juara IV Imanuel Febian dari SMA Negeri I dan juara V Jenifer Putong dari SMA YPPK Tiga Raja. Para pemenang berhak mendapatkan piala, uang saku, sertifikat serta beberapa hadiah dari pihak sponsor untuk juara I sampai III.

Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme dalam sambutannya mengatakan, untuk pemberantasan narkoba sudah menjadi atensi DPRD Mimika sehingga pihaknya sangat berterima kasih kepada BNN dan LAN yang sudah berupaya agar Kabupaten Mimika bebas dari Narkoba.

“Terima kasih banyak sudah terus menjaga Mimika agar bersih dari narkoba, karena bisa disebut Mimika ini daerah nusantara yang banyak pintu masuknya baik lewat laut maupun udara yang menjadi tempat masuknya Narkoba,” katanya.

Aleks mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam melakukan pemberantasan narkoba.

“Mari kepada semua pihak untuk bersama-sama memberantas narkoba, seperti kita ketahui narapidana yang ada di Lapas itu 80 persen kasus narkoba,” tegasnya.

Selanjutnya Kompol Mursaling dalam sambutannya mengatakan, narkoba merupakan musuh negara karena merusak generasi penerus bangsa. Oleh sebab itu ia mengucapkan banyak terima kasih kepada LAN yang telah membantu BNN dalam upaya pemberantasan Narkoba dengan berbagai kegiatan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada LAN dalam upaya pencegahan Narkoba ini. Kami dari BNN tidak bisa berbuat banyak tanpa bantuan pihak-pihak seperti LAN dan eleman masyarakat lainnya,” ujarnya.

Ia berpesan kepada para Duta Narkoba untuk selanjutnya melakukan sosialisasi dan penyampaian informasi tentang bahaya narkoba untuk generasi muda yang dilakukan disekolah-sekolah agar generasi peneurus nantinya tahu bahaya narkoba.

“Kalian para Duta Narkoba yang sudah ditempa dengan serangkaian pelatihan, pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang bahya narkoba, maka lakukanlah penyebaran informasi dan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika,” ungkapnya.

Kemudian Ketua LAN Mimika Mawar Soplanit dalam sambutannya mengharapkan para Duta Narkoba tersebut bisa menjadi agen perubahan dalam hal pemberantasan narkoba di Kabupaten Mimika.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan pemilihan Duta Anti Natkoba berjalan dengan baik. Kami sangat yakin dan sepakat karena penyelahgunaan narkoba telah terbukti merusak masa depan bangsa,”ujarnya.

Ia mengungkapkan kegiatan pemilihan Duta Anti Narkoba ini sebagai bentuk komitmen mengajak generasi muda Mimika untuk bersikap tegas melawan narkoba. Disamping itu diharapkan komponen pemerintah, pendidikan dan masyarkat saling bekerjasama berkolaborasi memerangi narkoba sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

“Sehingga Mimika bersih narkoba menuju Mimika aman, damai dan sejahtera sebagaimana visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mimika. Para Duta Anti Narkoba ini berpotensi membantu pemerintah, TNI Polri dan kita semua untuk bersama-sama memberantas narkoba,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *