MIMIKA

Ini Lima Penampil Terbaik Mimika Dance Carnival 2023, Sanggar Peteko Raih Posisi Pertama

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
84
×

Ini Lima Penampil Terbaik Mimika Dance Carnival 2023, Sanggar Peteko Raih Posisi Pertama

Share this article
Para perwakilan peserta dengan penampilan terbaik I sampai V berfoto bersama usai menerima hadiah saat Gala Dinner Midec 2023 di DJ Resto jalan Budi Utomo Ujung Timika, Jumat (20/10).

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Timika, fajarpapua.com – Panitia Mimika Dance Carnival (Midec) menggelar malam Gala Dinner bersama para peserta yang berasal dari paguyuban, sanggar dan sekolah yang ikut serta dalam Mimika Dance Carnival yang digelar dalam rangka HUT Mimika ke-27 beberapa waktu lalu.

Gala Dinner yang diselenggarakan di DJ Resto jalan Budi Utomo Ujung Timika Jumat (20/10) tersebut diisi pembagian piagam penghargaan kepada masing-masing peserta, dan juga pengumuman lima penampil terbaik yang berhak mendapat hadiah uang pembinaan.

Kelima penampil terbaik tersebut adalah, terbaik ke-I dari Sanggar Peteko berhak mendapatkan uang Rp 10 juta, terbaik ke II dari Paguyuban Ikawangi mendapatkan uang Rp 7,5 juta, terbaik III Paguyuban KKBJ Jayawijaya mendapatkan uang Rp 5 juta, terbaik ke IV Paguyuban Ikatan Keluarga Minang mendapatkan uang Rp 2,5 juta dan terbaik ke V Paguyuban Ikatan Keluaga Lombok juga mendapatkan uang Rp 2,5 juta.

Ketua Mimika Dance Carnival 2023, Mustofa Abdullah atas nama panitia dirinya mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semua peserta. Menurutnya dengan keikutsertaan para peserta mampu menarik perhatian khalayak ramai.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para peserta atas dukungannya, saya yakin kita semua bersepakat bahwa apa yang kita lakukan adalah demi Kabupaten Mimika dan membawa nama Mimika ditingkat nasional bahkan tingkat internasional,” katanya.

Ia mengungkapkan banyak sekali kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, sehingga masih banyak peserta, penonton maupun pihak lainnya yang kurang puas.

“Mudah-mudahan kesuksesan dan kekurangan kegiatan yang pertama ini menjadi pelajaran di tahun-tahun berikutnya,” ungkapnya.

Selanjutnya mewakili Pemda Mimika, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Yopi Toisuta dalam sambutannya mengakui pada kegiatan tersebut banyak pro dan kontra, tapi menurutnya hal itu merupakan dinamika hidup yang mengiringi kesuksesan dari suatu kegiatan.

“Mewakili Pemda Mimika saya ucapkan terima kasih kepada para peserta atas partisipasinya, karena tanpa anda semua kegiatan ini tidak akan berjalan dengan baik seperti kemarin,” tuturnya.

Menurutnya banyak pengalaman dan ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut. Oleh sebab itu jangan pernah berpikir uang terlebih dahulu dalam menjalankan apa yang akan dikerjakan jika ingin meraih kesuksesan.

“Kalau kita memulai kegiatan berpikir uang, hitung-hitung untung rugi terlebih dahulu maka kita tidak akan maju, kita tidak akan dipakai lagi apalagi untuk kepentingan daerah ini. Kita harus berpikir ilmu yang kita dapat, dengan ilmu yang kita dapat maka uang akan datang dengan sendirinya,” tuturnya.

“Mari kita belajar bukan semata-mata untuk uang tapi ilmu dan kebersamaan didalam pembangunan Kabupaten Mimika khususnya,” imbuhnya.

Yopi berharap dari awal kegiatan ini ilmu-ilmu yang didapat dari Jember Festival Carnival (JFC) dapat diaplikasikan dalam kegiatan tahun berikutnya untuk kemajuan Kabupaten Mimika.

“Diawal ini banyak pelajaran dan ilmu yang didapat. Oleh sebab itu diharapkan bisa update ilmu dari JFC supaya tahun depan ada lagi, dari situ panitia akan mendeteksi siapa-siapa yang kerja hanya untuk uang saja. Memang tidak munafik kita butuh uang tapi jangan ditunjukkan didepan, tunjukkan loyalitas untuk Kabupaten Mimika,”ujarnya.

Berikut para peserta yang mengikuti Mimika Dance Carnival 2023 antara lain, Ikatan Keluarga Toraja, Reog Ponorogo, Sekolah Santa Maria, Ikatan Keluarga Minang, Sanggar Seni Sireb, Ikatan Keluarga Lombok, Pemuda Batak Bersatu, Sanggar Tari Noken, Sanggar Cyclop.

Selanjutnya Sanggar Tari dan Seni Peteko, Ikatan Kerukunan Keluarga Besar Manggarai (KKBM), Ikatan Wanita Sulawesi Selatan, Sanggar Amoro, Rumah Sagu, Permata Dance Crew (SD Permata Papua), Baraya Sunda Timika, Sanggar Sup Massi, Yakarima Mosiluo, Luwu Raya, Seram Bagian Timur, Sanggar Seni Pregor, Iyakoko Patea, SMP Advent Timika, SMA Advent Timika.

Kemudian Sanggar Seni Sampari, New Jinggo Budoyo (IKAWANGI), New Turonggo Joyo Putro, SMA Negeri 1 Mimika, KKBJ Jayawijaya, Kerukunan Keluarga Nusa Tenggara, Cendrawasih Iwana Modeling, Sanggar Mambruk, Koteka Arwana Amungme dan Timika Inside Festival Of Art (TIFA Creative).(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *