BERITA UTAMAMIMIKA

Masa Jabatan Berakhir April 2024, Tokoh Muda Kamoro Minta Bamus Tunjuk Tim Formatur Siapkan Musyawarah Adat Lemasko

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
199
×

Masa Jabatan Berakhir April 2024, Tokoh Muda Kamoro Minta Bamus Tunjuk Tim Formatur Siapkan Musyawarah Adat Lemasko

Share this article
IMG 20240220 WA0006
Abraham Kateyau

Timika, fajarpapua.com – Tokoh muda Kamoro, Abraham Kateyau meminta Badan Musyawarah (Bamus) Lemasko segera menunjuk tim formatur untuk persiapan Musyawarah Adat (Musdat) lembaga tersebut. Pasalnya sesuai tenggat waktu pemilihan, kepengurusan Gergorius Okoare akan berakhir April 2024.

ads

Kepada fajarpapua.com, Senin (19/2), Abraham mengemukakan keberadaan tim formatur sangat penting untuk menghindari kesan tergesa-gesa pada saat Musdat mendatang.

“Karena kepengurusan pak Gerry sudah berakhir April, jadi penting sekali sekarang Bamus menunjuk panitia sebagai tim formatur untuk persiapan Musdat,” tukasnya.

Ia menyatakan Gergorius Okoware diangkat sebagai ketua Lemasko menggantikan Robertus Waropea yang meninggal dunia beberapa waktu lalu. Robertus terpilih sebagai ketua periode 2019-2024 sedangkan Gergorius Okoare sebagai wakil ketua 1.

“Bulan Juni atau Juli nanti diharapkan sudah ada kepengurusan baru. Sebagai tokoh pemuda saya minta Musdat dilaksanakan sebelum agenda nasional dan daerah ini berakhir,” ujarnya.

Abraham melanjutkan, lembaga adat Kamoro merupakan representasi suara masyarakat adat. Sehingga sangat disayangkan jika Lemasko terpecah seperti sekarang ini.

“Ditengah dualisme ini kantor tidak pernah jalan. Hampir dua tahun ini pegawai Lemasko terima gaji buta. Padahal banyak masalah adat yang terabaikan, masalah tambang rakyat di Wakia, masalah tapal batas bisa bersama Pemda selesaikan. Faktanya Lemasko tidak bisa bikin apa-apa,” tegasnya.(ana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *