BERITA UTAMAJayapura

Mengaku LKPJ Bupati, Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Jayapura Menurun

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
32
×

Mengaku LKPJ Bupati, Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Jayapura Menurun

Share this article
IMG 20240422 WA0049
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura

Jayapura, fajarpapua.com-Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo telah menyerahkan Laporan Keterangan dan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun 2023.

Penyerahan LKPJ ini melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Jayapura di Hotel Horison Sentani, Senin (22/4/2024).

ads

LKPJ 2023 diterima langsung Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Cintiya Ruliani Talantan, untuk selanjutnya dibahas sesuai jadwal yang ditentukan setelah Bimtek anggota dewan.

Pj Bupati Triwarno mengatakan, pada LKPJ 2023 dilaporkan secara rinci baik program kegiatan dan anggaran yang semuanya secara ringkas disampaikan di dalam laporan pidato yang sudah dibacakan di hadapan para anggota DPRD Kabupaten Jayapura.

“Dari laporan LKPJ 2023 itu Pemkab Jayapura telah berhasil menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan. Tentu ini merupakan hal yang sangat bagus dan terus ditingkatkan supaya masyarakat maju dan sejahtera,” ujar Triwarno.

Untuk tingkat kemiskinan di Kabupaten Jayapura, kata dia, mengalami penurunan setiap tahunnya dan menunjukkan adanya perbaikan terhadap presentasi penduduk di bawah garis kemiskinan. Hal tersebut ditunjukkan dengan data tingkat kemiskinan Kabupaten Jayapura tahun 2020 mencapai 12,44 persen penduduk miskin jika dibandingkan dengan angka presentasi kemiskinan tahun 2023 sebesar 11,45 persen. Presentasi kemiskinan Kabupaten Jayapura cenderung menurun cukup signifikan sebesar 0,99 persen.

Selain itu, masalah kesejahteraan sosial juga menunjukkan pencapaian angka indeks pembangunan manusia IPM pada tahun 2023 sebesar 73, 50 persen angka ini jika dibandingkan dengan capaian tahun 2020 sebesar 71,69 persen.

“IPM Pemkab Jayapura mengalami pertumbuhan sebesar 1,81 persen, hal ini memberikan indikasi klasifikasi pencapaian IPM sejak tahun 2021 -2022 dikategorikan dalam wilayah dengan kinerja pembangunan manusia tinggi yaitu capaian IPM 72 sampai dengan 80. Begitu juga halnya dalam bidang pendidikan pada tahun 2023 angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Jayapura sebesar 10.34 tahun meningkat dari Tahun 2022 sebesar 10.27 tahun,”katanya.

Lebih lanjut Triwarno menuturkan, pada tahun ke empat ini pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jayapura mengalami fluktuasi adanya kenaikan maupun penurunan yang terjadi secara keseluruhan di mana bencana alam atau kondisi ekonomi nasional dan global ikut mempengaruhi secara keseluruhan.

Ia menyampaikan apresiasi kepada OPD dilingkungan Pemkab Jayapura atas kinerja yang telah bekerja dengan maksimal dan baik dalam menyelesaikan program-program kegiatan.

“Saya berikan apresiasi atas kinerja OPD dan juga terima kasih untuk dukungan DPRD Kabupaten Jayapura sebagai mitra yang setara dan sejajar dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan di daerah ini,” ucap Triwarno.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Cintiya Ruliani Talantan usai menerima materi LKPJ 2023 dari Pemkab Jayapura menyampaikan akan mempelajari materi LKPJ yang telah diterimanya itu.

“LKPJ Pj Bupati Jayapura yang sudah kita terima ini akan dibedah dengan staf ahli sehingga tahu apa saja yang dilakukan pemerintah daerah setempat selama tahun 2023,”ungkapnya.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *