BERITA UTAMAJayapura

Dukung Pemberantasan Buta Aksara, Polres Jayapura Serahkan 500 Buku untuk Dua Kelompok Baca

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Dukung Pemberantasan Buta Aksara, Polres Jayapura Serahkan 500 Buku untuk Dua Kelompok Baca

Share this article
IMG 20240505 WA0035
Foto bersama

Jayapura, fajarpapua.com – Guna mendukung penuntasan buta aksara di Kabupaten Jayapura, Polres Jayapura menyerahkan 500 buku baca kepada dua kelompok baca.

Buku yang diserahkan Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen bersama Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana Hikoyabi serta Duta Baca Provinsi Papua, Michael Jhon Yarisetouw.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Buku bacaan yang diserahkan merupakan hasil dari donatur yang dikumpulkan oleh komunitas literasi selama satu minggu.

Penyerahan buku hasil donasi kepada dua kelompok baca pengentasan buta aksara (GABUS), dilaksanakan di Taman Baca Utep Go Ku di Kampung Bring dan Kelompok Taman Baca Tabswei yang berada di Kampung Yansip Distrik Kemtuk Gresi Kabupaten Jayapura.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh duta baca Provinsi Papua berkolaborasi bersama Polres Jayapura, Pemerintah Kabupaten Jayapura dan komunitas literasi, serta didukung Bank Mandiri Cabang Sentani, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Papua, dalam memperingati hari buku sedunia 23 April dan Hardiknas 2 Mei 2024.

Michael Yarisetouw menjelaskan, selaku Duta Baca Provinsi Papua yang juga pegiat literasi kegiatan tersebut bisa dilaksanakan berkat hasil dari para donatur “Kopi Untuk Buku” dimana sebelumnya masyarakat dapat mendonasikan 2 buku dan ditukar dengan menikmati secangkir kopi di Cafe Lokal Kultur Papua.

Pengumpulan donasi yang dimulai sejak 23 April hingga 02 Mei 2024, telah terkumpul sebanyak 500 buku bacaan, buku tulis dan alat tulis serta rak buku.

Ditempat yang sama Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen mengatakan, pihaknya hadir untuk memberikan bantuan kepada adik – adik.

“Kami Polri ada Program Gabus dan saya harapkan jangan ada kotak – kotak. Tujuan kami cuma angka buta aksara di Kabupaten Jayapura bisa rendah dan saya harapkan nanti didata anak -anak yang putus sekolah sehingga nanti penyesuaian. Tentunya nanti akan disesuaikan dengan aturan menteri pendidikan,”kata Kapolres.

Menurut dia, sarana ini bukan hanya untuk anak – anak akan tetapi bisa juga untuk mama – mama dan semua yang ada di Kampung, tinggal waktunya saja diatur, nanti ada Bhabinkamtibmas yang akan membantu mengajar.

Sementara itu Sekda Kab. Jayapura Dr. Hana S. Hikoyabi menyampaikan, bahwa buku – buku yang diberikan merupakan kerjasama semua pihak dan ucapan terima kasihnya buat Kapolres Jayapura.

“Buku merupakan jendela dunia. Saya harap buku – buku ini di baca karena kalian adalah penerus generasi ke depan, jangan banyak bermain dan selalu ingat membaca, jangan menyerah dengan keadaan. Saya harapkan kepada kepala kampung untuk nanti pengajarnya di kasih honor. Kepada kepala kampung saya harap selalu mengawal kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik,”ucap Sekda.

Sekda berpesan kepada masyarakat terutama anak-anak agar menjauhi Narkoba karena hal itu bisa merusak masa depan anak anak dan pemuda. Untuk itu, kepada kepala kampung agar mengelolah anggaran kampung baik-baik, karena anggaran yang sudah di berikan oleh pemerintah, dana sebesar Rp1.5 miliar.

“Saya rasa cukup untuk membenahi smua infrastruktur yang ada di kampung ini, pendidikan dan kesehatan tidak ada pungut pungut,” tegasnya.

Usai Kegiatan penyerahan buku, bersama rombongan Sekda Kabupaten Jayapura juga menyambangi Galeri Noken yang dibangun dan diserahkan Kapolres Jayapura beberapa waktu lalu, dikesempatan tersebut mama sekda memborong dengan membeli noken – noken hasil dari mama – mama pengrajin.(hsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *