Ketua KKBM Kembali Datangi Pendulang di Mile 36, Himbau Waspada dalam Bekerja dan Rencana Pendataan

by -
Pertemuan bersama warga Manggarai yang berkerja sebagai pendulang di Mile 36
Pertemuan bersama warga Manggarai yang berkerja sebagai pendulang di Mile 36

Timika, fajarpapua.com – Ketua Kerukunan Keluarga Besar Manggarai (KKBM) Kabupaten Mimika, Kristoforus Luruk didampingi sesepuh Johanis Dahur, Rabu (22/9) kembali mengunjungi pendulang asal Manggarai di Mile 36 Mimika, Papua.

Perlu diketahui, sesuai pendataan beberapa tahun lalu, jumlah warga Manggarai yang mendulang tersebar di Mile 34 sampai 50-an mencapai 2 ribuan orang.

Gencarnya kunjungan pengurus KKBM ke sejumlah lokasi areal pendulangan setelah terkuak fakta ternyata sudah 11 warga Manggarai meninggal dunia akibat terseret banjir.

“Walaupun mereka datang tidak melapor diri tapi mereka tetap warga Manggarai. Tugas pengurus adalah mendata mereka dan mendengar aspirasi lalu dipertimbangkan untuk dieksekusi,” ujar Kristoforus Luruk ketika dikonfirmasi fajarpapua.com, Rabu (22/9).

Dikatakan, dalam dialog yang berlangsung sekitar 3 jam, pendulang diminta untuk mawas diri dan berhati-hati dalam beraktifitas.

“Saya selalu tekankan nyawa lebih penting dari satu gram emas. Kalau banjir jangan coba-coba turun kali, tahan dulu sampai air surut,” pesannya.

Puluhan pendulang merespon positif kehadiran Ketua KKBM yang baru dilantik beberapa waktu lalu itu.

“Banyak hal yang didiskusikan siang tadi disana terutama rencana pendataan pendulang dan pembangunan sekretariat,” paparnya.

Selain itu, pendulang juga berencana membangun Kapel darurat untuk menjawab kebutuhan rohani mereka.

“Pada intinya mereka sangat senang dengan kunjungan kami sekaligus membuka tirai aspirasi yang sudah sekian lama terpendam,” katanya.

Selain itu, pendulang sangat mendukung rencana sumbangan dan iuran wajib untuk pembangunan sekretariat KKBM di Timika.

Sementara itu, sesepuh KKBM, Johanis Dahur menyatakan sangat mendukung program kerja pengurus yang baru. Ia berjanji tetap membantu lewat ide maupun gagasan agar semua rencana terwujud.

“Selaku pribadi saya sangat mendukung program kerja pengurus yang baru, dan sebagai warga mari kita dukung pengurus baru yang punya ide dan gagasan baru sambil mendoakan satu sama lain, terlebih khusus mari kita doakan untuk kesembuhan mantan ketua KKBM,” tambahnya. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.