BERITA UTAMAMIMIKA

Cegah Konflik Sosial Saat Pesta Demokrasi, Kodim 1710/Mimika Lakukan Pembinaan Komunikasi

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
16
×

Cegah Konflik Sosial Saat Pesta Demokrasi, Kodim 1710/Mimika Lakukan Pembinaan Komunikasi

Share this article
IMG 20230915 WA0052
Suasana Bincom yang diselenggarakan oleh Kodim 1710/Mimika di Hotel Horison Ultima, Jumat (15/9).

ads

Timika, fajarpapua.com – Cegah adanya konflik sosial saat pesta demokrasi Pemilu 2024 mendatang di wilayah Kabupaten Mimika, Komando Distrik Militer (Kodim) 1710/Mimika lakukan pembinaan komunikasi (Binkom) bersama para tokoh, Ormas, akademisi Forkopimda dan elemen masyarakat lainnya.

Kegiatan Binkom mengusung tema “Peran seluruh komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial di wilayah Kodim 1710/Mimika” dilaksanakan di Hotel Horison Ultima, Jumat (15/9).

Wakil Asisten Itelejen KSAD Bidang Manajemen Intelejen, Brigjen TNI Antoninho Rangel Da Silva dalam sambutan mengatakan, di Tahun 2024 Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan Presiden dan wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta pemilihan kepala daerah.

“Karena pada hakekatnya Pemilu merupakan sarana konkret bagi rakyat untuk menentukan atau memilih pemimpinnya sendiri,sehingga diharapkan masyarakat harus memiliki antisipasi didalam mengikuti pesta demokrasi yang terjadi di Indonesia,”katanya.

Menurutnya sejak Indonesia merdeka berbagai gejolak terus meningkat sehingga mengganggu ekstabilitas nasional, menyusul transisi demokarasi dalam tatanan dunia menempatkan Indonesia sebagai satu negara yang rentan akan konflik. Oleh sebab itu didalam menghadapi masalah yang terjadi sangat diharapkan harus tetap terjaga keamanan dan kedamaian.

“Kami berharap terutama di daerah Timika harus tetap menjaga posisi kerja sama dan sinergitas serta komposisi guna untuk menciptakan kenyamanan,”ungkapnya.

Ia berpesan kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut agar selalu berpadu dalam satu pikiran,satu mimpi untuk menjaga stabilitas keamanan di wilayah kita.

“Saya mau sampaikan beberapa penekanan dari pemerintah buat kita semua yaitu harus selalu bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian laporkan kepada pihak yang berwenang apabila terjadi hal-hal yang mengarah kepada potensi konflik,”ujarnya

Sementara mewakili Pemda Mimika dalam hal ini Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Hendritte Tandiono memberikan apresaiasi kepada kodim 1710/Mimika karena telah menggaungkan kegiatan ini.

“Mewakili pemerintah daerah kegiatan ini sangat bagus dan kami mendukungnya, sehingga kita semua perlu mengikutinya dengan serius, karena ini demi kenyamanan di daerah kita,”ujarnya.

Sementara itu Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi selaku pembawa materi wawasan kebangasaan pada kesempatan itu mengajak semua elemen masyarakat menyegarkan dan menguatkan diri untuk membangun Indonesia.

“Mari kita sama-sama mencintai serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan sendiri berpedoman pada Pancasila dan UUD RI,”kata Dandim.

Mewakili elemen masyarakat dan kampus, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Timika, Adri Rumbrow berkata, kegiatan ini Binkom ini sangat positif agar masyarkat bisa mengetahui gejolak konflik sosial di Mimika.

“Saran saya, Binkom seperti ini berkelanjutan karena memiliki kesan luar biasa. Kegiatan ini harus dilakikan ditingkat kampung distrik, dan kampus guna terciptanya kemanaanan di Mimika,”ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *